20 November 2009

TUGAS 3

Diposting oleh Dwi Santia Junita di 06.47 0 komentar

Arti Penting Organisasi dan Metode


1. Organisasi dapat diartikan sebagai wadah dan sebagai proses.

Organisasi sebagai wadah adalah tempat bagi sekelompok manusia untuk saling bekerja sama guna mencapai suatu tujuan. Organisasi juga dapat diartikan sebagai proses, yaitu pengelompokan manusia dalam suatu kerjasama yang efisien.

2. Yang dimaksud dengan pimpinan dalam pengertian universal.

Pimpinan adalah seseorang yang memimpin suatu kelompok atau organisasi. Pemimpin diangkat oleh seluruh anggota organisasi berdasarkan caranya masing-masing. Pemimpin bertanggung jawab terhadap organisasi yang ia pimpin.

3. Mengapa markets dan methods tidak dimasukan ke dalam sumber manajemen.

Karena market & methods merupakan satu acar bagaiman agar sumber – sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan denga tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan denga tepat pula.

4. Yang dimaksud material dalam arti fisik dan material dalam arti non fisik.

Material dalam arti fisik, adalah material yang memiliki wujud dan dapat di sentuh. Contoh material fisik adalah barang-barang, seperti alat kantor, kendaraan, dan lain-lain. Sedangkan material dalam arti non fisik adalah kebalikan dari material dalam arti fisik, yaitu tidak berwujud dan tidak dapat di sentuh. Contoh material non fisik adalah ide dan pemikiran-pemikiran.

5. Uang dapat menjadi motivasi kerja .

Uang dapat menjadi motivasi bekerja. Karena setiap orang bekerja demi mendapatkan uang. Dengan iming-iming gaji yang besar, maka setiap orang akan lebih terpacu lagi semangatnya dalam bekerja. Karena uang adalah kebutuhan primer setiap orang. Dan demi menafkahi keluarganya.


Ruang Lingkup Organisasi dan Metode


1. Arti efisiensi.

Efisiensi adalah perbandingan terbaik atau rasionalitas antara hasil yang di peroleh atau output dengan kegiatan yang dilakukan serta sumber dan waktu yang di gunakan. Diharapkan dengan mengefesiensikan sesuatu dapat menghasilkan sesuatu yang sebesar mungkin dengan usaha yang seminimal mungkin.

2. Cara meningkatkan efisiensi kerja.

Efisiensi kerja dapat ditingkatkan dengan cara pelaksanaan fungsi manajemen, pemanfaatan sumber
daya ekonomi yang tepat, pelaksanaan fungsi organisasi sebagai alat pencapain tujuan yang setepat-tepatnya, pengarahan dan dinamika organisasi dilakukan untuk pengembangan dan kemajuan yang berkesinambungan

Selain itu, efisiensi kerja dapat juga dilakukan dengan pengembangan pegawai untuk meningkatkan kinerja nya. Pengembangan pegawai sendiri dapat dilakukan dengan cara memberikan kursus atau pelatihan pelatihan, seminar, workshop yang berkaitan dengan pekerjaan yang pegawai lakukan dengan cara ini peningkatan efisiensi kerja akan tercapai.

3. Ruang lingkup organisasi dan metode.

Ruang lingkup organisasi dan metode adalah menyangkut bidang – bidang khusus dari organisasi dan manajemen yang detail dan luas scopenya. Adapun kegiatan – kegiatan yang termasuk ke dalam scopenya adalah sebagai berikut :

1. Analisis organisasi.

2. Komunikasi dalam orrganisai.

3. Tentang tenaga kerja, prosedur kerja dan system kerja.

4. Pentingnya filing dari segi organisasi & metode.

5. Pentingnya jangka waktu penyimpanan data dan dokumen.

6. Pentingnya formulir dari segi organisasi & metode.

7. Pendayagunaan mesin kantor.

8. Pendayagunaan perabotan dan peralatan kantor.

9. Pentingnya penulisan laporan.

10. Pentingnya buku pedoman kerja.

11. Pentingnya anggaran belanja.

12. Analisis kepegawaian.

13. Pentingnya penyederhanaan kerja.

14. Orgaisasi unit.

15. Kesimpulan akhir.

4. Ukuran efisiensi wewenang harus seimbang dengan tanggung jawab yang diberikan.

Pengefisiensian wewenang harus seimbang dengan tanggung jawab yang diberikan. Karena tanggung jawab yang telah dibebankan kepada seseorang harus didukung dengan wewenang yang pas pula agar memudahkan orang tersebut menjalankan tanggung jawabnya. Namun harus ada batasan dalam pemberian wewenang, agar tidak terjadi kesemena-menaan yang dapat merugikan organisasi tersebut.

16 November 2009

TUGAS 2

Diposting oleh Dwi Santia Junita di 06.28 0 komentar
TEORI ORGANISASI UMUM

  1. Mengapa manusia cenderung untuk mengatur dan mengorganisasi kegiatan ?
  2. Sebutkan dan terangkan beberapa alasan untuk mempelajari organisasi secara formal ?
  3. Teori organisasi klasik telah menimbulkan dampak pada organisasi-organisasi sampai sekarang, sebutkan beberapa contohnya ?
  4. Henry fayol seorang industrialis merupakan salah satu tokoh teori administrasi dalam bukunya menyatakan bahwa semua kegiatan industry dapat di kelompokkan menjadi beberapa, sebutkan!
  5. Dalam buku-buku literature, manajemen ilmiah sering diartikan berbeda !
  6. Mengapa banyak bidang-bidang teknik industry, manajemen industry, dan manejemen personalia di ilhami oleh karya-karya taylor?
  7. Menurut teori organisasi klasik adanya suatu organisasi bergantung pada 4 kondisi, sebutkan dan terangkan ?
  8. Mengapa teori neo-klasik secara sederhana di kenal sebagai teori hubungan manusia ?
  9. Apakah teori neo klasik merupakan teori baru seperti teori klasik ?
  10. Bagaimanakah pandangan teori neo klasik terhadap organisasi informal ?
  11. Dalam teori organisasi modern dikemukakan bahwa organisasi merupakan system terbuka, apa maksudnya ?
  12. Menurut teori modern organisasi sebagai suatu system terdiri atas berapa unsur, sebutkan!
  13. Kualitas-kualitas apakah yang merupakan filosofi untuk mempelajari organisasi sebagai suatu system ?
  14. Apakah yang dimaksud dengan proses komunikasi keseimbangan dan proses pengambilan keputusan dalam teori organisasi modern ?
  15. Apa alasanya organisasi formal diibaratkan sebagai sebuah kendaraan untuk mencapai tujuan bersama ?
  16. Mengapa tidak ada cara suatu cara desain yang ampuh untuk segala kondisi ?
  17. Apa peranan manager proyek dalam organisasi proyek secara umum ?
  18. Bagaimanakah pendapat scoth dan Mitchell tentang pengertian pengaruh, sebutkan contohnya !
  19. Sebutkan dan terangkan lima sumber atau basis yang di identifikasikan oleh French dan roven !
  20. Bagaimanakah type pendekatan teknik-teknik kreatif dalam pengambilan keputusan ?
  21. Bagaimanakah pula kritik terhadap teknik brainstorming, jelaskan !
  22. Apa yang dimaksud dengan proses minaut dalam pengambilan keputusan ?
  23. Apa sebab timbulnya organisasi informal ?
  24. Apa yang dimaksud dengan “jendela johari”, dikembangkan oleh siapa ?
  25. Bagaimanakah maksud dari model teori proses motivasi kerja ?

JAWABAN !


  1. Karena manusia memiliki keterbatasan kemampuan yang menyebabkan manusia tidak dapat mencapai suatu tujuan tanpa kerjasama.
  2. Untuk pencapaian tujuan tertentu dan cenderung muncul dalam situasi dimana orang – orang menyadari manfaat organisasi sebagai suatu jalan terbaik pelaksanaan kegiatan kolektif.
    • Organisasi menjadi sangat tersentralisasi
    • Tugas – tugasnya terspesialisasi
    • Memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku
    • Tidak mengandung kreatifitas
    • Perencanaan
    • Pengorganisasian
    • Pemberian perintah
    • Pengkoordinasian
    • Pengawasan
  3. Pendapat I : Manajemen Ilmiah merupakan penerapan metode ilmiah pada studi, analisa dan pemecahan masalah – masalah organisasi. Pendapat II : Manajemen Ilmiah adalah seperangkat mekanisme /teknik “a bag of tricks” untuk meningkatkan efisiensi kerja organisasi.
    • Menggantikan metoda – metoda kerja dalam praktek dengan berbagai

    metode yang dikembangkan atas dasar ilmu pengetahuan tentang kerja yang ilmiah & benar.

    • Mengadakan seleksi, latihan – latihan dan pengembangan para karyawan secara ilmiah.
    • Pengembangan ilmu tentang kerja serta seleksi, latihan dan pengembangan secara ilmiah harus diintegrasikan.
    • Untuk mencapai manfaat manajemen ilmiah, perlu dikembangkan semangat dan mental para karyawan.
    • Kekuasaan
    • Saling melayani
    • Doktrin ( rumusan tujuan organisasi )
    • Disiplin ( perilaku yang ditentukan oleh perintah )
  4. Karena teori ini dikembangkan atas dasar, menekankan pentingnya aspek psikologis dan social karyawan sebagai individu maupun sebagai bagian kelompok kerjanya.
  5. Ya. Karena teori neoklasik dikembangkan dari teori klasik.
  6. Organisasi merupakan sekelompok orang dengan tujuan bersama.
  7. Semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan dan saling ketergantungan yang didalamnya mengemukakan bahwa organisasi berkaitan dengan lingkungan yang stabil.

    • Manusia
    • Kerja sama
    • Tujuan
    • Peralatan
    • Kekayaan alam
    • Kerangka / konstruksi metal organisasi
  8. -
  9. Komunikasi, konsep keseimbangan, dan proses pengambilan keputusan merupakan 3 kegiatan proses hubungan universal yang selalu muncul pada system manusia dalam perilakunya berorganisasi.
  10. Karena dalam system organisasi formal, antara struktur dengan proses
    organisasi merupakan satu kesatuan dan berkaitan erat. Struktur organisasi walaupun hanya menyajikan kerangka bangunan organisasi, tetapi merupakan suatu subsistem penting.
    • Lingkungan stabil : lingkungan dDaftar Berbutirengan sedikit atau tanpa perubahan yang tidak diperkirakan atau secara tiba – tiba.
    • Lingkungan berubah ( changing environment ) : lingkungan dimana

    inovasi mungkin terjadi dalam setiap atau seluruh bidang.

    • Lingkungan bergejolak ( turbulent environment ) : lingkungan

    dimana sering terjadi perubahan secara drastis.

    • Organisasi proyek individual, hanya terdiri atas manajer proyek

    dan tidak mempunyai kegiatan.

    • Organisasi proyek staf, manajer proyek mempunyai staf pendukung.
    • Organisasi proyek intermiks, manajer proyek mempunyai personalia

    staf dan dipilh kepala – kepala fungsional utama.

    • Organisasi proyek agrerat, manajer proyek mempunyai semua

    personalia.

  11. Merupakan suatu transaksi social dimana seorang atau kelompok orang
    digerakkan oleh seorang atau kelompok orang yang lain untuk melakukan kegiatan yang sesuai dengan harapan mereka yang mempengaruhi.
    • Kekuasaan balas jasa ( reward power )
    • Kekuasaan paksaan ( coercive power )
    • Kekuasaan sah ( legitimate power )
    • Kekuasaan ahli ( expert power )
    • Kekuasaan panutan ( referent power )
    • Brainstorming : untuk menggali dan mendapatkan kreativitas maksimal dari kelompok dengan member kesempatan anggota untuk mengemukakan ide – idenya.
    • Synechcs : didasarkan pada asumsi bahwa proses kreatif dapat dijabarkan dan diajarkan.
    • Hanya dapat diterapkan pada masalah – masalah keputusan sederhana.
    • Sangat memakan waktu dan biaya.
    • Hanya menghasilkan ide – ide dangkal.
  12. Proses untuk menerapkan empat proses dasar yang rasional dalam penggunaan dan penyebaran informasi mengenai masalah organisasi yang diterapkan secara sistematik tentang,

    • menilai dan menjelaskan

    • sebab akibat

    • melakukan pilihan

    • mengantisipasi masa depan

    Oleh karena itu, prosesnya dibedakan menjadi empat tipe yaitu :

    1. Analisis situasi (pengenalan masalah, pemisahan masalah, penetapan
    prioritas, dan penempatan)

    2. Analisis persoalan (merumuskan, menguraikan, menyaring informasi, menguji sebab yangmungkin dan melakukan verifikasi)

    3. Analisis keputusan (merumuskan pernyataan keputusan, menentukan sasaran, mengembangkan dan mengevaluasi alternative, dan menganalisa konsekuensi atau resiko)

    4. Analisis persoalan potensial (mengidentifikasi daerah kritis/lemah,
    mengidentifikasi persoalan potensial menyimpang, mengidentifikasi sebab yang mungkin dan mengidentifikasi tindakan penanggulangan).

    • Kebutuhan social
    • Rasa memiliki dan pengenalan diri
    • Pengetahuan tentang perilaku yang diterima
    • Perhatian ( simpati )
    • Bantuan dalam pencapaian tujuan
    • Kesempatan berpengaruh dan berkreasi
    • Pelestarian nilai – nilai budaya
    • Komunikasi dan informasiDaftar Berbutir
  13. Johari Window atau Jendela Johari merupakan alat yang dikembangkan oleh
    dua orang ahli psikologi yaitu Joseph Luft dan Harry Ingham pada tahun 1955.
    Alat ini dikembangkan untuk memperbaiki interaksi antar manusia yang belum saling mengenal supaya dapat saling mengenal dan mengetahui dan memperkecil kemungkinan konflik.
    • Motivasi adalah keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong

    keinginan individu untuk melakukan kegiatan – kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan.

    • Motivasi merupakan masalah yang kompleks dalam organisasi karena

    kebutuhan dan keinginan setiap anggota organisasi adalah berbeda – beda dan berkembang atas dasar proses belajar yang berbeda pula.

    • Motivasi dapat ditimbulkan baik oleh factor internal maupun eksternal tergantung dari mana suatu kegiatan dimulai.
 

Childhis girl Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Sponsored by Blogger Template Gallery